Program Kerja Kepala Sekolah

PROGRAM KERJA KEPALA SDN 1 PASIRBUNGUR

KECAMATAN CILOGRANG

KABUPATEN LEBAK

SAEPULOH,S.Pd

BAB. I

PENDAHULUAN

 

 

1.   Latar Belakang Masalah.

Manusia sangat membutuhkan pendidikan melalui proses penyadaran yang berusaha menggali potensi dirinya lewat metoda pengajaran atau dengan cara lain yang telah diakui oleh masyarakat di sekeliling kita.Ini terjadi karena Pendidikan merupakan unsur  yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia, sejak  dari kandungan sampai meninggal dunia manusia mengalami proses pendidikan yang didapatkan dari orang tua, keluarga,  masyarakat maupun lingkungannya.

Dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) yang menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran, sedangkan ayat (3)-nya menyatakan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan hal ini pun telah tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV yang berbunyi mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan ini ditunjang dengan telah disahkannya  Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor. 20 tahun 2003, pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional disebutkan bahwa “ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa,berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab ”.

Sebelum diberlakukannya Undang-undang No. 22 tahun 2000 tentang Otonomi daerah, sekolah telah diperkenalkan program pemberdayaan sekolah melalui pengembangan seutuhnya (Integrated School Development) disingkat “SID” yang kemudian sejak berlakunya otonomi daerah muncul program pemberdayaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah ( School Based Management ) disingkat “MBS”.

SID dan MBS adalah dua nama yang berbeda tetapi jiwanya sama yaitu keduanya mengedepankan pemberdayaan sekolah dalam mengelola insitusinya secara mandiri.

Manajemen Berbasis Sekolah ( School Based Management ) akan terlaksana apabila didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, intergritas, dan kemauan yang tinggi, karena kalau tidak maka MBS hanyalah eforia semata. Dalam wacana ini maka “SID” adalah idenya sedangkan MBS adalah pelaksanaan dari wacana tersebut.

Untuk menunjang keberhasilan MBS maka sangat diperlukan partisifasi aktif dari semua pihak terutama dari “trio” pilar pendidikan yakni ‘ Pemerintah, masyarakat dan Orang tua murid ‘, karena hanya dengan kebersamaan dan kesamaan tujuan semua program program yang ditetapkan oleh sekolah akan berhasil dengan baik.

Program yang merupakan wujud kebersamaan antara Trio pilar tersebut dapat dituangkan dalam sebuah Visi dan  Misi sekolah, yang dibuat secara bersama sama dengan penuh rasa tanggung jawab antara Pemerintah, masyarakat dan Orang tua murid .

Untuk kepentingan tersebutlah, maka disusun sebuah program kepala SD Negeri Pasirbungur  1  Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak

 

2.   Perumusan Masalah.

Berdasarkan latarbelakang masalah pada bagian pendahuluan diatas maka perumusan masalah Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur  adalah : “ Bagaimana Penerapan Program Kerja Kepala Sekolah dapat meningkatkan Efektivitas mengajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak “?

 

 

3.   Tujuan Penyusunan

Dengan disusunnya Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur ini selain sebagai  salah satu kewajiban  Kepala Sekolah di Kabupaten Lebak, juga bertujuan  untuk.:  Peningkatan efektivitas mengajar melalui penerapan Visi , Misi dan Strategi  .

 

4.   Metodologi Penyusunan

Metode yang digunakan dalam penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur adalah metode Deskriftif ( kepustakaan ), Sedangkan sistematika penyusunan mengacu pada “ Ihwal Menulis karangan Aceng Hasani, Untirta Press.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB   II

VISI MISI DAN STRATEGI

 

 

  1. 1.     Tugas Dan Fungsi Sekolah

Tugas dan fungsi sekolah adalah mengelola penyelenggaraan manajemen berbasis sekolah di sekolah masing masing. Mengingat   sekolah merupakan unit terdepan dalam penyelenggaraan ini maka tugas dan fungsi sekolah adalah sebagai berikut :

a.   Menyusun rencana dan program sekolah

b.   Mengkordinasikan dan menyerasikan segala sumber yang ada di sekolah dan di luar sekolah untuk mencapai sasaran yang ditetapkan

c.   Melaksanakan rencana dan program dengan efektiv dan efisien

d.   Melaksanakan pengawasan dan bimbingan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan

e.   Melaksanakan evaluasi , sebagai out put untuk tujuan yang akan datang

f.    Menyusun laporan penyelenggaraan

g.   Mempertanggungjawabkan hasil penyelenggaraan kepada semua yang berkepentingan dengan sekolah.

Dengan demikian maka dengan melihat  tugas dan fungsi tersebut diatas kita dapat melihat bahwa telah diberikan otonomi yang lebih besar  kepada unsur terkait, khususnya kepada sekolah untuk mengelola sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. Untuk mencapai hal hal tersebut maka dibuatlah Visi dan Misi Sekolah. Yang sesuai dengan lingkungan sekolah.

 

 

2.   Efektivitas Mengajar.

Menurut Houston, Clift, Freiberg, dan Warmer  (1988) terdapat lima faktor yang menentukan efektivitas mengajar para pengajar,yaitu :

a.    Ekspektasi pengajar tentang kemampuan pebelajar (siswa) yang akan dikembangkan.

b.    Ketrampilan Pengajar Dalam Pengelolaan Kelas.

c.    Jumlah waktu yang digunakan oleh pebelajar (siswa) untuk melakukan tugas tugas belajar yang bersifat akademik.

d.    Kemampuan Pengajar dalam mengambil keputusan pembelajaran, dan

e.    Variasi metoda mengajar yang dipakai oleh pengajar.

Dengan melihat tinjauan dari berbagai sumber tersebut maka terdapat keterkaitan yang signifikan antara Visi dan Misi sekolah yang dibuat secara bersama sama ( dibuat oleh Trio Pilar Pendidikan dilingkungan Sekolah ) dengan efektivitas mengajar. Ini terjadi karena Visi dan Misi Sekolah dibuat sesuai dengan prosedur maka akan terjadi sence of belonging ( rasa memiliki ) yang kuat antar sesama pembuat Visi dan Misi, dan salah satu penyusun / pembuatnya adalah Guru yang akan melaksanakan teori tentang  factor – faktor  untuk menjadikan mengajar efektif .

 

3.   Visi  dan  Misi

Untuk memperjelas latar belakang yang telah disebutkan diatas menurut Depdiknas Dirjen Dikdasmen direktotat Tenaga kependidikan (h. 20, 2003) BA-PGB-05,  Visi adalah:

a.   wawasan yang menjadi sumber arahan bagi sekolah dan digunakan untuk memandu perumusan misi sekolah.

b.   Pandangan jauh kedepan kemana sekolah akan dibawa.

c.   Gambaran masa depan yang diinginkan oleh sekolah, agar sekolah yang bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.

Sedangkan misi menurut Deddiknas Dirjen Dikdasmen direktotat Tenaga kependidikan (h. 20, 2003) BA-PGB-05 adalah : tindakan untuk mewujudkan / merealisasikan Visi tersebut .

Visi sekolah harus mengacu pada kebijakan pendidkan nasional tetapi sesuai juga dengan kebutuhan peserta didik yang dilayani, tujuan pendidikan sama tetapi potensi dan kebutuhan masyarakat yang dilayani sekolah tidak selalu sama, oleh karena itu visi satu sekolah tidak harus sama dengan sekolah lain, sepanjang tidak keluar dari ketentuan nasional yaitu tujuan pendidikan nasional.

Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pemberdayaan atau pengembangan sekolah  dalam mengelola institusinya adalah sangat di mungkinkan akan lebih baik, hal ini disebabkan karena hanya pihak sekolah atau istitusi yang bersangkutanlah yang lebih mengetahui Sumber Daya alam dan Sumber daya Manusia di lingkungannya.

Peningkatan mutu pendidikan secara umum dan khususnya Efektivitas mengajar, dengan disusunnya Visi dan Misi yang dibuat bersama oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Komite Sekolah ( sebagai wujud kepedulian masyarakat / dan  salah satu pilar pendidikan ) akan mendorong rasa kebersamaan, kesatuan tujuan dan akan dilaksanakan oleh komponen-komponen pembuat visi dan misi tersebut.

Untuk mencapai tujuan, visi dan misi tersebut diatas maka karena sekolah tidak memiliki sumber daya yang dituntut oleh manajemen berbasis sekolah maka harus dibuat skala prioritas untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Dalam membuat rencana  dan program sekolah tersebut setelahnya ditetapkan alternatif pemecahan permasalahan , maka semua unsur terkait bersama sama menyusun rencana beserta programnya untuk merealisasikan rencana tersebut, kemudian jelaskan rencana tersebut dengan detail.

 

 

 

Visi , Misi dan Strategi Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur

 

Visi         :     DENGAN  IMAN  YANG  KOKOH  MEMBENTUK SISWA YANG CERDAS TRAMPIL DAN MANDIRI

 

Misi        :

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, bagi siswa sesuai potensi masing-masing.
  2. Tumbuhnya minat baca
  3. Menumbuhkan semangat kekeluargaan antara pihak sekolah , wali murid dan masyarakat lingkungan sekolah.
  4. Disiplin waktu
  5. Lingkungan sehat

 

Strategi :

  1.  Tepat waktu masuk, istirahat dan keluar
  2. Melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam setiap kegiatan
  3. Mewajibkan semua siswa  memakai seragam yang menutup aurat
  4. Siswa  membuat jadual kegiatan shalat dan diperiksa setiap hari sabtu
  5. Menerapkan budaya islami dalam sikap
  6. Memotivasi siswa  untuk giat membaca
  7. Mewajibkan siswa  membaca .
  8. Menerapkan membaca pada tingkat pemahaman

 

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Mengefektifkan tugas piket
  3. Berwawasan luas maju kedepan
  4. Kekeluargaan yang mantap antara sekolah  dengan orang tua siswa dan lingkungan sekolah, vertikal dan horisontal

 

Tujuan  :

  1. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam membina sekolah sebagai wiyatamandala
  2. Menumbuhkan daya tangkal pada siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.
  3. Memantapkan kegiatan ekstrakurikuler dalam mencapai kurikulum.
  4. Meningkatkan apresiasi seni dan penghayatan seni.
  5. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara.
  6. Menumbuhkembangkan semangat patriotisme.
  7. Meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani.
  8. Mempersiapkan siswa untuk menjadi manusia yang berkemampuan.
  9. Memepersiakan siswa untuk menjadi manusia yang berkelakuan baik.
  10. Memepersiapkan siswa untuk meningkatkan pengetahuannya.

 

 

 

BAB. III

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH

 

 

 A.  Program Kerja

Program kerja Kepala Sekolah disusun sebagai acuan para kepala SD dalam menjalankan tugas dan fungsinya baik sebagai guru maupun sebagai tugas tambahannya sebagai kepala sekolah

  1. 1.            Program Jangka Panjang  ( 8 tahun )

Program Jangka Panjang Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur Selama 8 tahun , dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Potensi tiap siswa 70 % dapat terakomodir dengan baik.
  • Tingkat membaca siswa 70 % pada tingkat pemahaman
  • kekeluargaan yang mantap antara pihak sekolah , wali murid dan masyarakat lingkungan sekolah.
  • Disiplin waktu belajar, mengajar, dan administrasi
  • Lingkungan sehat & Pemagaran Sekolah
  1. 2.     Program Jangka Menengah ( 4 tahun )

Program Jangka Menengah Kepala Sekolah Dasar Negeri Pasirbungur 1 , Selama 4 tahun , dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Potensi tiap siswa 50 % dapat terakomodir dengan baik.
  • Tingkat membaca siswa 50 %  pada tingkat pemahaman
  • Kekeluargaan yang mantap antara pihak sekolah dan Komite Sekolah .
  • Disiplin waktu belajar, mengajar, dan administrasi
  • Lingkungan sehat

 

  1. 3.     Program Jangka Pendek  ( 1 tahun )

Program jangka Pendek Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur , Selama 1 tahun , dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. A.         KEGIATAN HARIAN

NO

URAIAN KEGIATAN

TANGGAL

KET

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

1

Memeriksa daftar hadir guru / Karyawan sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

2

Mengatur dan memeriksa kegiatan K  7 dilingkungan sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

3

Memeriksa program pengajaran dan persiapan lainnya yang menunjang PBM

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

4

Menyelesaikan surat – surat, membuat administrasi,  menerima tamu dan   kegiatan  lainnya

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

5

Mengatasi hambatan hambatan terhadap berlangsungnya PBM

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

6

Mengatasi permasalahan yang terjadi di sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

7

Memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah usai.

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

  1. B.        KEGIATAN  MINGGUAN

NO

URAIAN KEGIATAN

BULAN  /  MINGGU KE

KET

JULI

AGUSTUS

SEPTEMBER

OKTOBER

NOVEMBER

DESEMBER

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

Melaksanakan kegiatan Upacara bendera hari senin

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

3

Melaksanakan SKJ

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

4

Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat surat

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

5

Mengadakan rapat untuk evaluasi  dan  membahas kegiatan pembelajaran

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

6

Memeriksa keuangan sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

7

Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor / sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

NO

URAIAN KEGIATAN

BULAN  /  MINGGU KE

KET

 

JANUARI

FEBRUARI

MARET

APRIL

MEI

JUNI

 

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

 

1

Melaksanakan kegiatan Upacara bendera hari senin

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

3

Melaksanakan SKJ

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

4

Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat surat

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

5

Mengadakan rapat untuk evaluasi  dan  membahas kegiatan pembelajaran

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

6

Memeriksa keuangan sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

7

Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor / sekolah

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

  1. C.        KEGIATAN  BULANAN

 

NO

URAIAN KEGIATAN

BULAN  /  MINGGU KE

KET

JULI

AGUSTUS

SEPTEMBER

OKTOBER

NOVEMBER

DESEMBER

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

A

Pada awal bulan dilakukan kegiatan rutin antara lain :

 

1

Melaksanakan kegiatan penyelesaian kegiatan gaji pegawai / guru

X

X

X

X

X

X

 

2

Membuat Rencana Belanja Kegiatan  di Sekolah

X

X

X

X

X

X

 

3

Melaksanakan pemeriksaan  terhadap kinerja  guru antara lain :

 

a

Buku absen siswa  dan daftar hadir guru

X

X

X

X

X

X

 

b

Kumpulan bahan evaluasi berikut analisisnya

X

X

X

X

X

X

 

c

Supervisi kelas

X

X

X

X

X

X

 

d

Perangkat Pembelajaran

X

X

X

X

X

X

 

e

Pemantauaan Kegiatan KBM

X

X

X

X

X

X

 

f

Program perbaikan dan pengayaan

X

X

X

X

X

X

 

g

Buku pelaksanaan BK

X

X

X

X

X

X

 

4

Memberi petunjuk kepada guru  tentang siswa yang perlu dibantu dalam kesulitan belajar

X

X

X

X

X

X

 

B

Pada akhir bulan dilakukan kegiatan :

 

1

Penutupan Buku Kas

X

X

X

X

X

X

 

2

Pertanggungjawaban keuangan

X

X

X

X

X

X

 

3

Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat sekolah

X

X

X

X

X

X

 

4

Membuat laporan Daftar 1

X

X

X

X

X

X

 

5

Mutasi siswa dan klaper

X

X

X

X

X

X

 

NO

URAIAN KEGIATAN

BULAN  /  MINGGU KE

KET

 

JANUARI

FEBRUARI

MARET

APRIL

MEI

JUNI

 

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

 

A

Pada awal bulan dilakukan kegiatan rutin antara lain :

 

1

Melaksanakan kegiatan penyelesaian kegiatan gaji pegawai / guru

X

X

X

X

X

X

 

2

Membuat Rencana Belanja Kegiatan  di Sekolah

X

X

X

X

X

X

 

3

Melaksanakan pemeriksaan  terhadap kinerja  guru antara lain :

 

a

Buku absen siswa  dan daftar hadir guru

X

X

X

X

X

X

 

b

Kumpulan bahan evaluasi berikut analisisnya

X

X

X

X

X

X

 

c

Supervisi kelas

X

X

X

X

X

X

 

d

Perangkat Pembeajaran

X

X

X

X

X

X

 

e

Pemantauaan Kegiatan KBM

X

X

X

X

X

X

 

f

Program perbaikan dan pengayaan

X

X

X

X

X

X

 

g

Buku pelaksanaan BK

X

X

X

X

X

X

 

4

Memberi petunjuk kepada guru  tentang siswa yang perlu dibantu dalam kesulitan belajar

X

X

X

X

X

X

 

B

Pada akhir bulan dilakukan kegiatan :

 

1

Penutupan Buku Keuangan

X

X

X

X

X

X

 

2

Pertanggungjawaban keuangan

X

X

X

X

X

X

 

3

Evaluasi terhadap persediaan dan penggunaan alat-alat sekolah

X

X

X

X

X

X

 

4

Membuat laporan Daftar 1

X

X

X

X

X

X

 

5

Mutasi siswa dan klaper

X

X

X

X

X

X

 

 

  1. D.        KEGIATAN SEMESTER

 

NO

URAIAN KEGIATAN

PELAKSANA KEGIATAN

KET

HARI

TANGGAL BULAN

WAKTU

PELAKSANA KEGIATAN

A

Menyelenggarakan kegiatan perbaikan alat – alat sekolah yang diperlukan

Rabu

14/07/2010

1 hari

Guru  / Kepala Sekolah

B

Menyelenggarakan pengisian Buku Induk Siswa

Senin

17/07/2010

2 jam

Kepala Sekolah

Menyelenggarakan persiapan dan pelaksanaan Ulangan Tengah Semester

Senin

11/10/2010

1 minggu

Panitia

C

Menyelenggarakan persiapan dan pelaksanaan Ulangan Akhir Semester

Sabtu

16/07/2010

1 minggu

Panitia

D

Menyelenggarakan evaluasi kegiatan  KBM  dan  Ekstrakurikuler

Senin

22/11/2010

1 minggu

Kepala Sekolah

E

Menyelenggarakan kegiatan akhir semester

1

Rekapitulasi Absen siswa

Senin

13/12/2010

1 hari

Guru

2

Kumpulan nilai ( leger )

Selasa

14/12/2010

1 hari

Guru

3

Catatan tentang siswa yang harus mendapat perhatian khusus

Rabu

15/12/2010

1 hari

Guru

4

Pengisian buku rekap nilai

Kamis

16/12/2010

1 hari

Guru

5

Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

Sabtu

18/12/2010

1 hari

Guru

6

Pemanggilan terhadap orang tua / wali siswa sejauh diperlukan untuk berkonsultasi

Sabtu

18/12/2010

1 hari

Guru  / Kepala Sekolah

7

  Target Pencapaian KKM

Sabtu

18/12/2010

1 hari

Guru

 

  1. E.        KEGIATAN  AKHIR TAHUN PELAJARAN

NO

URAIAN KEGIATAN

PELAKSANA KEGIATAN

KET

HARI

TANGGAL BULAN

WAKTU

PELAKSANA KEGIATAN

A

Menyelenggarakan Try Out UASBN

Rabu

05/04/2011

3 hari

Panitia

B

Menyelenggarakan UASBN / UAS

Senin

09/05/2011

1 minggu

Panitia

C

Menyelenggarakan Ulangan Akhir Semester

Senin

07/06/2011

1 minggu

Panitia

D

Kegiatan kenaikan kelas dan kelulusan

1

Membuat  daftar kumpulan nilai

Rabu

15/06/2011

1 hari

Guru  / Kepala Sekolah

2

Mengadakan  rapat dewan guru tentang kelulusan dan Kenaikan kelas

Kamis

16/06/2011

1 hari

Guru  / Kepala Sekolah

3

Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar

Jumat

17/06/2011

1 hari

Guru

4

Pembagian  buku laporan penilaian hasil belajar

Sabtu

18/06/2011

1 hari

Guru

5

Mengevaluasi pelaksanaan program sekolah yang sudah berlangsung

Senin

20/06/2011

1 hari

Guru

E

Menyelenggarakan penutupan buku inventaris dan keuangan

Sabtu

30/06/2011

1 hari

bendahara / Kepala Sekolah

F

Menyusun rencana kerja sekolah untuk tahun berikutnya

Senin

30/06/2011

1 hari

Guru  / Kepala Sekolah

G

Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun pelajaran

Senin

30/06/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

H

Melaksanakan kegiatan penerimaan siswa baru yang meliputi :

1

Pembentukan panitia PSB

Jumat

01/07/2011

1  hari

Panitia

2

Penyusunan syarat syarat penerimaan dan pendaftaran

Sabtu

02/07/2011

1  hari

Panitia

4

Pengumuman siswa yang diterima

Senin

09/07/2011

1  hari

Panitia

 

  1. F.         KEGIATAN  AWAL TAHUN PELAJARAN

NO

URAIAN KEGIATAN

PELAKSANA KEGIATAN

KET

HARI

TANGGAL BULAN

WAKTU

PELAKSANA KEGIATAN

A

Menyelenggarakan penyusunan RAPBS

Senin

11/07/2011

1  hari

Guru Kelas / Kepala Sekolah / Komite

B

 

 

Menyelenggarakan penyusunan RKS

Selasa

12/07/2011

1  hari

Guru Kelas / Kepala Sekolah / Komite

C

  Merencanakan kebutuhan guru setiap mata  pelajaran / kelas

Rabu

13/07/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

D

  Pembagian tugas mengajar dan Kegiatan  Ektrakurikuler

Rabu

13/07/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

E

  Menyusun program pengajaran, Jadual pelajaran dan kalender pendidikan

Kamis

14/07/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

F

  Menyusun kebutuhan buku pelajaran, buku pegangan guru

Jumat

15/07/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

G

  Menyusun kelengkapan alat pelajaran dan bahan pelajaran

Jumat

15/07/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

H

  Mengadakan rapat dewan guru untuk menentukan KKM

Sabtu

16/07/2011

1  hari

Guru  / Kepala Sekolah

IV. TATATERTIB SISWA

 

Maksud dan tujuan Tata Tertib Siswa, adalah sebagai rambu-rambu bagi anak didik dalam kegiatan sehari-hari di sekolah,Tata Tertib ini dibuat berdasarkan ketentuan sekolah yang dipadukan dengan ketentuan Agama, masyarakat, dan Negara. Dalam rangka upaya mencapai tujuan Pendidikan yang kita harapkan.

Tata tertib siswa ini wajib dilaksanakan / dipatuhi oleh setiap siswa dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab, serta disosialisasikan pada Wali Murid, Guru, Siswa, Komite Sekolah, Masyarakat, dan elemen yang terkait.

Tahapan siswa yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang tercantum dalam tata-tertib siswa dikenakan sangsi sebagai berikut :

  1. Peringatan
  2. Teguran
  3. Dipanggil oleh Guru / Kepala sekolah
  4. Penugasan / sejenisnya
  5. Pemanggilan orang tua
  6. Scorsing
  7. Dikeluarkan dari sekolah

 

 

 

 

A.  TATA TERTIB SISWA

 

 

1.   Pakaian Sekolah :

  1. Sopan dan Rapi sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  2. Sepatu diusahakan warna hitam dan kaos kaki warna putih
  3. Tidak mengenakan perhiasan yang mencolok/urakan
  4. Pakaian Olah Raga wajib dipakai waktu Praktek Olah Raga dan tidak dibolehkan dipakai didalam kelas bukan waktu olah raga
  5. Hari Senin s/d kamis Putih Merah, hari Jumát dan  hari Sabtu pakaian  Pramuka.
  6. Pakaian seragam / tas tidak dicurat coret / dirobek

 

2Keadaan  Anggota  Badan

Siswa dilarang :

  1. Bertato
  2. Mengecat Rambut / Kuku
  3. Berkuku Panjang harus rapi dan bersih
  4. Memakai aksesoris berlebihan/tidak baik
  5. Ber-make-up berlebihan bagi perempuan
  6. Bagi Laki-laki :
  • Tidak berambut Panjang
  • Tidak Bercukur Gundul
  • Rambut harus Rapi dan sopan
  • Tidak dikuncir
  • Tidak pakai Kalung, anting, dan gelang

 

3.    Waktu Kegiatan Belajar Mengajar :

  1.   Siwa diusahakan hadir di sekolah sebelum bel berbunyi
  2.   Siswa yang terlambat wajib lapor pada guru piket/guru pelajaran yang ada
  3.   Selama pelajaran berlangsung dan pada penggantian jam pelajaran, siswa  dilarang berada diluar kelas.
  4.   Waktu Istirahat diusahakan siswa tidak didalam kelas
  5.   Waktu pulang, ada aturan yang sudah baku, kecuali ada hal-hal diluar ketentuan yang Tidak sekolah / Bolos harus dicatat dan ditindak-lanjuti
  6.   Setiap Hari Senin Siswa diwajibkan mengikuiti Upacara Bendera
  7.   Setiap siswa wajib Upacara/memperingati hari Besar Islam/Hari Besar Nasional dan sesuai dengan aturan/ajaran yang berlaku
  8.   Kegiatan Keagamaan disesuaikan dengan aturan yang berlaku
  9.   Setiap ada kegiatan Ekstrakulikuler, siswa wajib melaporkan pada orang tua, dan untuk Laki-laki diusahakan membawa Sarung, perempuan membawa Mukena.
  10.   Tas/kantong buku waktu istirahat disimpan didalam kelas tidak dibawa-bawa

 

 

 

4.    Ketertiban Sekolah :

  1. Setiap Kelas dibentuk tim piket kelas yang secara bergiliran bertugas menjaga kebersihan dan ketertiban kelas
  2. Setiap tim piket kelas yang bertugas,hari besok membersihkan atau mentertibkan ruangan kelasnya hendaknya dikerjakan setelah pelajaran berakhir sekarang, biar besok pagi sudah bersih dan tertib serta rapi
  3. Setiap tim piket kelas yang bertugas, hendaknya menyiapkan perlengkapan kelas seperti halnya : Kapur Tulis, Penghapus, Papan Tulis, lap tangan, ember kecil yang berisi air bersih untuk cuci tangan, taplak meja dan bunga, Sapu injuk, pangki plastik, tempat sampah, lap tangan, alat pel, serta keindahan kelas lainnya
  4. Tim Piket Kelas harus melaporkan temannya yang tidak mengerjakan tugas piketnya kepada KM / guru Kelas.
  5. Setiap siswa  membiasakan budaya antri, membuang sampah pada tempatnya
  6. Setiap siswa wajib mentaati jadwal kegiatan sekolah dan menyelesaikan tugas yang diberikan sekolah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan
  7. Siswa tidak mencorat-caret Dinding bangunan sekolah, pakai, dan yang lainnya

 

5.  Tatakrama Siswa :

  1. Siswa wajib saling menghormati, dan menghargai, menjaga, melindungi sesama teman, khususnya guru, Siswa harus patuh pada gurunya
  2. Siswa wajib membiasakan mengucapkan salam atau berjabat tangan baik dengan guru, teman,  orang tua, dan yang lainnya jika baru bertemu atau berpisah
  3. Siswa jika menyampaikan aspirasi/pendapat harus sopan dan baik
  4. Siswa wajib mengucapkan terima kasih jika diberi bantuan atau jasa oleh orang lain
  5. Siswa harus sopan dan santun, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain
  6. Siswa harus berani mengakui kesalahan yang diperbuatnya, dan memohon maaf
  7. Siswa dalam menggunakan kata atau bahasa yang sopan dan beradab kepada sesama yang dibawah kita, sesama teman, apalagi kepada guru atau orang tua
  8. Siswa dilarang merokok, meminum minuman keras, ganja dan sebagainya yang termasuk jenis Narkoba (Obat Terlarang)
  9. Tidak berkelahi baik kelompok atau perorangan didalam atau diluar sekolah  / membuat keonaran / melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan citra jelek pada sekolah
  10. Tidak membawa kartu, apalagi main, tidak membawa gitar, suling, barang- barang   tajam , serta jenis-jenis barang lainnya yang kurang baik atau tidak baik.
  11. Tidak merusak barang sekolah / barang orang lain
  12. Jika meminjam barang orang lain harus dikembalikan / tidak boleh meminjam barang orang lain tanpa sepengetahuan yang punya / apalagi mencuri
  13. Peraturan / larangan / pelanggaran / sangsi  lain yang belum tertulis disesuaikan dengan norma atau  aturan yang berlaku atau yang sesuai dengan keadaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

B.   KRITERIA TATATERTIB SISWA

Nomor

Jenis Pelanggaran

Score

1.

Tidak Upacara Bendera Hari Senin

5

2.

Datang terlambat lebih 15 menit

1

3.

Baju tidak seragam

1

4.

Baju Tidak Dimasukan

1

5.

Memakai Aksesoris tidak sesuai/berlebihan

1

6.

Rambut Panjang Bagi laki-laki

2

7.

Rambut diwarnai/tidak sopan

2

8.

Memakai Atribut sekolah lain

2

9.

Tidak berspatu

1

10.

Pakaian dicorat-coret

5

11.

Berpakai seronok/tidak sopan

5

12.

Atribut Tidak lengkap

1

13.

Memakai perhiasan berlebihan apalagi laki-laki

5

14.

Berkuku panjang/kotor/berkuteks

1

15.

Bertato

50

16.

Keluar Kelas tanpa ijin

2

17.

Tidak masuk tanpa keterangan/bolos

4

18.

Bawa gitar, suling dan sejenisnya tanpa ijin

3

19.

Berkeliaran pada jam KBM

2

20.

Meroko

20

21.

Mencuri/membawa barang tidak layak/membahayakan

30

22.

Narkoba/Napza/Asusila/Anarkis/Menikah

100

23.

Menghina/melawan guru/karyawan/

40

24.

Berbohong/tingkah laku kurang baik dimasyarakat

5

25.

Membawa senjata tajam dan akan membahayakan

20

26.

Memakai kalung, gelang/bahar, dsb. Laki-laki

2

27.

Olah Raga Waktu KBM berlangsung/bukan pelajarannya

5

28.

Pakaian digulung/tidak ada kancingnya/Cutbrai

1

29.

Berpakaian tidak pada waktunya

3

30.

Pulang sekolah sebelum dipulangkan guru

3

31.

Makan dan minum sedang KBM  berjalan

5

32.

Mengganggu ketertiban kelas

2

33.

Tidak piket kelas/membuang sampah sembarangan

2

34.

Berkelahi

30

35.

Tawuran

40

36.

Merubah Nilai Rapot

60

37.

Merubah Nilai Ulangan Harian

40

38.

Merubah Absen

10

39.

Bicara Melantur

5

40.

Tidak memenuhi Panggilan Guru

10

41.

Membawa teman lain dan mengganggu keadaan

15

42.

Merusak lingkungan/parkir kendaraan sembarangan

5

43.

Buang air kecil/Besar sembarang

10

44.

Tidak Ikut Kegiatan Ekstra Kurikuler kecuali Udzur

5

45.

Tidak sholat disengaja

10

 

Keterangan :

Sangsi-sangsi tersebut diatas ditentukan dan dijumlahkan dalam 1 semester, adapun katagori jumlah scor dalam (satu) 1 semester  :

 

Jumlah Score

Katagori

Sangsi yang diberikan

25

Ringan Peringatan, buat pernyataan

50

Sedang Peringatan, teguran, buat pernyataan, panggil orang tua

75

Cukup Berat Scorsing, buat pernyataan, Panggil Orang Tua

100

Berat sekali Dikeluarkan dari sekolah

 

 

 

Ditetapkan di :  Pasirbungur

Pada Tanggal : 12  Juli 21 0

Mengetahui/Menyetuju                                                                          Kepala Sekolah

Ketua Komite

 

 

                   DERIS                                                                                                         SAEPULOH,S.Pd

                                                                                                                             NIP : 19680616 199005 1 01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR NILAI PRAKTEK IBADAH

 

Nomor

Jenis Bacaan / Hafalan Yang Diuji

Tanggal Pengujian

Faraf Penguji

Nilai

Keterangan

1.

Baca Al Qur`an        

2

Menulis Al-Qur`an        

3

Bacaan Shalat Shubuh        

         

         

         

         

         

 

Pasirbungur,………………………..

Tanda Tangan

Orang Tua                                                                            Siswa

 

(________________)                                                         (________________)

 

BAB . IV

KESIMPULAN DAN SARAN

 

1.   KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat kami peroleh dari semua tulisan ini adalah “ bahwa Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur dapat meningkatkan efektifitas mengajar “

 

2.   SARAN SARAN

Dengan paparan yang telah disampaikan maka saran saran yang dapat saya berikan  adalah :

a.   Bahwa Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur merupakan alat untuk pencapaian tujuan dengan efektif.

b.   Penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur harus melibatkan unsur unsur terkait supaya imbasnya akan dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab.

c.   Pelaksanaan Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur harus disertai dengan pengawasan dari semua unsur terkait ( pengawasan melekat, pengawasan masyarakat ) dalam arti yang seluas-luasnya.

d.   Evaluasi terhadap Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur  dilaksanakan secara konsisten , jadikan analisis hasil evaluasi sebagai tonggak dalam penyusunan perubahan visi misi berikutnya, baik dalam program jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

 

 

 

 

BAB.  V

PENUTUP

 

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke-Khadirat Allah SWT bahwa hanya berkat Taufik, Hidayah serta Inayah-Nyalah, Penulis telah dapat menyusun sebuah Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur Sebagai  salah satu Tugas  Kepala Sekolah dilingkungan Unit Pelaksana Teknis  Pendidikan Kecamatan Cilograng.

Akhirnya semoga Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirbungur bermanfaat bagi penyusun pada khususnya dan semua pihak pada umumnya.  Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA.

 

Dikdasmen ( 2003 ) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan.

 

Dikdasmen ( 2003 ) Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan.

 

Depdiknas ( 2006 ) Dirjen PMPTK materi TOT pada kegiatan pelatihan PTK dan penulisan laporan penelitian sebagai karya tulis ilmiah dalam pengembangan kegiatan profesi guru, Jakarta akhir agustus 2006

 

Hasani, aceng ( 2006 )  Ihwal Menulis , Untirta press

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

untuk perbaikan mohon tinggalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s