Program Kerja Pengawas Sekolah

PROGRAM KERJA

PENGAWAS TK / SD WILAYAH BINA II CILOGRANG

TAHUN 2009 / 2010

 

Nama      CECE AHMAD FATUROHMAN,S.IP,M.MPd
NIP         196304221983051001
Tempat Bekerja UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN CILOGRANG

 

NAMA SEKOLAH BINAAN :

  1. 1.      SDN 01 GUNUNGBATU
  2. 2.      SDN 01 CILOGRANG
  3. 3.      SDN 02 CILOGRANG
  4. 4.      SDN 01 PASIRBUNGUR
  5. 5.      SDN 03 PASIRBUNGUR
  6. 6.      SDN 05 PASIRBUNGUR
  7. 7.      SDN  02 CIKAMUNDING
  8. 8.      SDN 02 GIRIMUKTI
  9. 9.      SDN 01 CIJENGKOL

 

 

 

BAB. I  PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang   

Kemajuan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi isu pokok dalam pembangunan negara. Bahkan sekarang ini isu pendidikan telah menjadi isu politik yang cukup menarik untuk ditawarkan ke masyarakat menjelang penyelenggaraan Pemilu di tahun ini. Masalah klasik pendidikan yang selalu menjadi perhatian dari tahun ke tahun di antaranya adalah : (1) Mutu pendidikan; (2) Perluasan kesempatan pendidikan; (3) Relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat; (4) Efisiensi manajemen.

Dalam kaitannya dengan kepengawasan sekolah maka masalah mutu menjadi masalah yang relevan sekali untuk dibahas. Mutu pendidikan sering diartikan sebagai – jasa pendidikan yang sesuai dengan kriteria tertentu dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan, yang dalam hal ini adalah peserta didik, orang tua, serta pihak-pihak berkepentingan lainnya. Masalah mutu pendidikan menjadi hal yang serius karena ternyata pelanggan pendidikan seringkali belum puas dengan layanan yang diberikan oleh sebuah lembaga pendidikan, hal ini dikarenakan dari segi pelayanan masih di bawah pelayanan minimal, terjadinya in-efisiensi pemanfaatan sumber daya, adanya kegiatan yang kontraproduktif yang pada ujungnya mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pendidikan nasional. Untuk itulah diperlukan suatu pengawasan supaya sebuah lembaga pendidikan yang dalam hal ini sekolah, dapat melayani pelanggan pendidikan sesuai kriteria yang telah ditentukan sehingga pada akhirnya dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan sekaligus menjamin tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Menurut Kepmen. PAN no. 118 tahun 1996 tentang jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya maka yang dimaksud dengan pengawas sekolah adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan pra sekolah, sekolah dasar dan sekolah menengah. Berdasarkan  Kep. MENPAN No. 118 tahun 1996 Pasal 2, tugas pokok pengawas adalah  menilai dan membina penyelenggaraan pendidikan pada sekolah tertentu baik negeri maupun swasta yang menjadi tanggung jawabnya. Tugas menilai dan membina bukanlah tugas yang ringan, yang sekedar datang berkunjung ke sekolah untuk berbincang-bincang sejenak dan setelah itu pulang tanpa ada tidak lanjutnya. Tugas menilai dan membina membutuhkan kemampuan dalam hal kecermatan melihat kondisi sekolah, ketajaman analisis dan sintesis, ketepatan memberikan treatment yang diperlukan serta komunikasi yang baik antara pengawas sekolah dengan setiap individu di sekolah. Arti pembinaan sendiri adalah memberikan arahan, bimbingan, contoh dan saran dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, untuk itu diperlukan keteladanan dari pihak pengawas sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Dengan kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan pengawas sekolah dapat menjadi partner kerja yang serasi dengan pihak sekolah dalam memajukan sekolahnya, bukan menjadi seorang “pengawas” yang menakut-nakuti pihak sekolah.

Mengingat beratnya tugas kepengawasan tersebut maka sudah menjadi suatu keharusan bahwa pengawas sekolah harus menjadi seorang yang profesional dalam bidangnya, dan untuk mencapainya diperlukan upaya untuk meningkatkan profesionalisme pengawas ini. Selain berbagai alasan pentingnya peningkatan profesionalisme pengawas sekolah seperti di atas maka peningkatan profesionalisme pengawas sekolah juga harus dilakukan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin komplek, serta untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional secara efisien. Dalam rangka peningkatan profesionalisme ini maka diperlukan standarisasi kompetensi pengawas sekolah sebagai jaminan kesamaan penguasaan kompetensi yang diperlukan dalam hal pengawasan sekolah sehingga sekolah dapat lebih dilayani dan dibina secara efektif, efisien dan produktif.

 

B. Landasan (Dasar Hukum)

Sesuai Pasal 39 dan 41 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pengawas sekolah merupakan jabatan strategis dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. Pengawas yang merupakan tenaga kependidikan—mempunyai tugas pokok menilai dan membina penyelenggaraan pendidikan pada sejumlah sekolah yang menjadi tanggungjawabnya.

Dengan demikian, pengawas sekolah sebenarnya berfungsi sebagai penjamin terwujudnya proses pembelajaran di sekolah.

Lebih tegasnya pengawas sekolah memiliki tugas dan fungsi yang sangat menentukan dalam pengendalian mutu, kontrol proses dan evaluasi kinerja guru.Untuk  itulah seorang pengawas dituntut memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang utuh dan komprehensif ini sesuai Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Untuk lebih lengkapnya maka dasar legalitas pengawas dalam Program Tahun 2009 / 2010 bagi Wilayah Bina II UPT Kecamatan Cilograng  adalah :

a)      PP No 16 tahun 1994 tentang jabatan Fungsional Pegawai Negeri sipil

b)      Keputusan Menpan No.118/1996 tentang jabatan fungsional Pengawas Sekolah dan angka kreditnya.

c)      Keputusan Bersama Mendikbud dan Kepala BAKN No.0322/0/1996 dan No.38 tahun 1996 tentang Petunjuk Pelaksanaan jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

d)     Keputusan Mendikbud No.020/U/1998 tentang petunjuk teknis Pelaksanaan jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

 

 

 

C. Visi, Misi dan Strategi

 

Untuk menjamin keterlaksanaan tugas pokok dan fungsi pengawas maka ditetapkan Visi, Misi dan strategi sebagaiberikut ;

VISI

Mewujudkan mutu pendidikan sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan disertai dengan penguasaan Iptek dan pengamalan Imtaq

MISI

 

-    Meningkatkan pembinaan pendidikan pra sekolah (PAUD) serta wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun.

-    Melaksanakan manajemen berbasis sekolah dengan memberdayakan Komite Sekolah dan Masyarakat.

-    Meningkatkan pelayanan bagi aparatur pendidikan dan masyarakat luar sekolah.

-    Membantu pengadaan sarana dan prasarana sekolah .

-    Memberikan layanan khususbagi anak-anak keluarga miskin melalui bea siswa dan donatur lainnya.

-    Memberikan kesempatan belajar di jalur luar sekolah.

-    Membekali aparatur pendidikan dan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan komputer.

-    Pelayanan administrasi dan informasi melalui jaringan internet.

-    Meningkatkan kinerja pengawas sekolah guna ketertiban penyelesaian pendidikan setiap satuan kerja sekolah dasar.

 

STRATEGI :

  • Tertib administrasi
  • Disiplin waktu
  • Selalu bersikap melayani
  • Hubungan serasi vertical dan horisontal

 

D. Ruang Lingkup Pengawasan (Pembinaan, Pemantauan, Penilaian)

 

Pengawas sekolah adalah pegawai negeri sipil yang  diberi tugas , tanggungjawab dan  wewenang secara penuh oleh pejabat yang  melakukan pengawasan pendidikan  sekolah dengan melaksanakan penilaian & pembinaan teknis pendidikan dan  administrasi  pada satuan pendidikan

Pembinaan dalam arti luas :  melakukan penilaian prestasi kerja bagi pemangku jabatan fungsional ,  mengendalikan kualitas/mutu profesionalitas melalui pengendalian norma penilaian prestasi kerja baik sebagai  pemangku jabatan fungsional  maupun tim penilai.

ASPEK

PENGAWASAN AKADEMIK ( TEKNIS PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN) 70%

PENGAWASAN MANAJERIAL (ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN SEKOLAH)                                                                     30 %

1

MONITORING

1

proses dan hasil belajar siswa

1

penjaminan/standar mutu pendidikan

2

penilaian hasil belajar

2

penerimaan siswa baru

3

ketahanan pembelajaran

3

rapat guru dan staf sekolah

4

standar mutu hasil belajar siswa

4

hubungan sekolah dan masyarakat

5

pengembangan profesi guru

5

pelaksanaan ujian sekolah

6

pengadaan dan pemanfaatan sumber-sumber belajar

6

program-program pengembangan sekolah
   

7

administrasi sekolah
   

8

menejemen sekolah

2

SUPERVISI

1

kinerja guru

1

kinerja sekolah, kepala sekolah dan staf sekolah

2

pelaksanaan kurikulum/mata pelajaran

2

pelaksanaan kurikulum sekolah

3

pelaksanaan pembelajaran

3

manajemen sekolah

4

praktikum/studi lapangan

4

kegiatan antar sekolah binaan

5

kegiatan eksra kurikuler

5

kegiatan in service training bagi kepala sekolah, guru dan staf sekolah lainnya

6

penggunaan media alat bantu dan sumber belajar

6

pelaksanaan kegiatan inovasi sekolah

7

kemajuan belajar siswa

7

penyelenggaraan administrasi sekolah

8

lingkungan belajar    

3

PENILAIAN

1

proses pembelajaran dan bimbingan

1

peningkatan mutu SDM sekolah

2

lingkungan belajar

2

penyelenggaraan inovasi di sekolah

3

sistem penilaian

3

akreditasi sekolah

4

pelaksanaan inovasi pembelajaran

4

pengadaan sumber daya pendidikan

5

kegiatan peningkatan kemampuan profesi guru

5

kemajuan pendidikan

4

PEMBINAAN/PENGEMBANGAN

1

guru dalam pengembanggan media dan alat bantu pembelajaran

1

kepala sekolah dalam mengelola pendidikan

2

memberikan contoh inovasi pembelajaran

2

tim kerja dan staf sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah

3

guru dalam pembelajaran/bimbingan yang efektif

3

komite sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan

4

guru dalam meningkatkan kompetensi profesional

4

kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan

5

guru dalam meningkatkan penilaian proses dan hasil belajar

5

kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya

6

guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas

6

staf sekolah dalam melaksanakan tugas administrasi sekolah

7

guru dalam meningkatkan kompetensi pribadi,sosial dan pedagogik

7

kepala sekolah dan staf dalam kesejahteraan sekolah

5

PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT

1

kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran

1

kinerja sekolah, kinerja sekolah dan staf sekolah

2

kemajuan belajar siswa

2

standar mutu pendidikan dan pencapaiannya

3

pelaksanaan dan hasil inovasi pembelajaran

3

pelaksanaan dan hasil inovasi pendidikan

4

pelaksanaan dan tugas kepengawasan akademik

4

pelaksanaan tugas kepengawasan manajerial dan hasil-hasilnya

5

tindak lanjut hasil pengawasan untuk program pengawasan selanjutnya

5

tindak lanjut dan untuk program pengawasan selanjutnya

 

E. Tujuan dan Sasaran

Tujuan :        

Tujuan disusunnya Program Tahunan Pengawas TK / SD  Wilayah Bina II Cilograng pengawas sekolah adalah:

  1. Sebagai acuan untuk mengukur kemampuan dan kinerja pengawas sekolah dalam pelaksanaan tugas kepengawasannya di sekolah;
  2. pembinaan dan peningkatan mutu pengawas sekolah;
  3. peningkatan kinerja pengawas sekolah sesuai dengan profesinya.
  4. Diharapkan hasil dari pengawasan dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan kebijakan pendidikan

 

Sasaran :

Yang menjadi sasaran dalam Program Tahunan Pengawas TK / SD  Wilayah Bina II Cilograng pengawas sekolah adalah:

  1. Sekolah
  2. Kepala Sekolah
  3. Komite sekolah
  4. Guru dan staff

 

DATA PERSONAL KEPALA  SEKOLAH DAN GURU

WILAYAH BINA II UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN CILOGRANG

NAMA GURU-GURU / Tempat tanggal lahir

NIP

L / P

K / TK

Izajah  / tahun

Jabatan

Gol / Ruang

KET

Awal PNS

Sekarang

SDN 1 GUNUNGBATU   

Sumhari, A.Ma.Pd

131308967

L K SPG 1983 D.II.PGSD 1997 G. KLS    
Lebak, 03-02-1962                
Wasthaniyah

130452281

P TK SPG.77 D2/A2 2001 G. Kelas IV/a PNS
Megelang, 25-11-1959                
Bohari

130645755

L K SPG.77 SPG G. Kelas IV/a PNS
Takengon, 05-01-1958                
Surbaiah

130830758

P K SPG.80 D2/A2 2001 G. Kelas IV/a PNS
Lebak, 09-05-1960                
Yoyo, S.pdI

131171797

L K SGOPK.83 S1/A4 2005 G. Kelas IV/a PNS
Ciamis, 01-01-1961                
Badrudin

131502957

L K SPG. 85 D2/A2 2001 G. Kelas III/d PNS
Lebak, 03-08-1965                
Lina Diana

270401876

P K   D2/A2 2007 G. Kelas   GB
Lebak, 05-06-1980                
Atriyah

270401862

P K   D2/A2 2001 G. Agama   GB
Lebak, 05-06-1966                
Siti Masitoh   P TK   D2/A2 2007 G.B.Inggris   Sukwan
Lebak, 08-09-1984                
Apid Mahpid   L TK   SMA 2007 G. PSOK   Sukwan
Lebak, 11-05-1988                
Tanti Nurliawati   P TK   D2/A2 2006 G. Mulok   Sukwan
Lebak, 07-09-1991                

SDN 1 CILOGRANG

Madsuha

480055442

L K SPG/C1 69 D2/A2 1997 Kepsek IV/a  
Lebak, 09-07-1951                
Mahri

130955220

P K SPG 81 D2/A2 2002 G. SD IV/a  
Lebak, 09-12-1955                
Sutarman

131236096

L K PGA 77 D2/A2 1989 G. Agama IV/a  
Lebak, 05-03-1995                
Suma Rahmatuloh

131502974

L K SPG 85 D2/A2 1997 G. SD IV/a  
Lebak, 13-03-1966                
Penti Herawati

131719140

P K SPG 86 D2/A2 1998 G. SD III/d  
Lebak, 20-07-1967                
Amin Burhanudin

131719142

L K SPG 86 D2/A2 2000 G. SD III/d  
Lebak, 09-06-1967                
Subyani                
Komariah                
lilis ernawati                
Marto

131023720

L K SPG 94 D2/A2 2005 G. SD II/6  
Lebak, 17-02-1961                

SDN 2 CILOGRANG

Mujinem

130556580

P K SPG 1977 D2 2000 Kepsek IV/a  
Sleman. 06 Mei 1959                
Ado, S.Pd

131363297

L K PGA 1984 S1 2004 G. PAI    
Lebak, 02 Januari 1963                
Jupardi, S.Pd

131983114

L K SPG 1988 S1 2004 G. KLS III/  
Lebak, 06 Desember 1967                
N. Cicih, S.PdI

150343585

P K PGA 1990 S1 2006 G. KLS II/a  
Lebak, 19 Januari 1969                
marjoni                
Iis lisnawati                
Elsonadi                
                 
Romyah                
                 
Nisfah                
                 
Siti aminah                

SDN 2 CIKAMUNDING

Jamroni

130482620

L K SPG 1972 SPG 1972 Kepsek IV/a  
Bantul, 24-01-1953                
Hamdayami

131543141

L K PGA 1985 PGA 1985 G. Agama III/d  
Lebak, 21-07-1953                
Komri

131409704

L K SD 1969 SD 1969 Penjaga II/a  
Lebak, 02-07-1954                
Ratna Suminar

900005595

P K SPG 1988 D2 PGSD 07 G. KLS II/a  
Lebak, 02-01-1967                
Sumpena

900008643

L K SPG 1988 S1/PAI 07 G. KLS II/a  
Lebak, 09-07-1969                
Ahmad Hariri                
                 
Herdi                
                 
Yayu                
                 
Dede Kurniawan                
                 
Nahrudin                
                 

SDN 1 CIJENGKOL

Saprudin Salihin 130 412 915 L K SPG 73 DII 94 Kepsek IV/a  
Lebak, 04-09-1953                
Sudiarma 130 955 219 L K SPG 81 DII 97 G. KLS IV/a  
Lebak, 05-05-1961                
Sarip Hidayat 131 363 295 L K PGA 82 DII 00 G. Agama III/d  
Lebak, 10-11-1960                
Pursita 131 719 033 P K SPG 86 DII 00 G. KLS III/d  
Lebak, 11-03-1966                
Sobihat, S.Pd 131 936 609 P K SPG 87 S I 03 G. KLS III/c  
Lebak, 21-07-1967                
Didi Supardi 132 027 539 L K D II 93 D II 93 G. KLS III/b  
Lebak, 17-08-1969                
N. Najiah 132 066 533 P K SPG 87 D II 93 G. KLS III/b  
Lebak, 03-08-1967                
Nia Herniawati 991 000 001 P JD   D II 06 G. KLS    
Lebak, 04-02-1978                
Susri Elawati 991 000 002 P K   MA 98 G. MLK    
Lebak, 02-08-1978                
Eri Juheri   L K   SMK 98 G. MLK    
Lebak, 03-01-1978                
                 

SDN 1 PASIRBUNGUR

PAIMAN

130482619

L K SPG 1972 SPG 1972 Kepsek IV/a  
Bantul,02-03-1950                
RIJANI, S.IP

131891521

L K SPG 1987 S1 1998 G. KLS III/b  
Lebak, 02-03-1967                
PIPIN SUMYATI

900009127

P K SPG 1988 DII 2007 G. KLS II/a  
Lebak 12-09-1967                
BADRI SUBADRI

900008623

L K SPG 1988 DII 2007 G. KLS II/a  
Lebak, 07-04–1968                
ARNUDIN   L K   SPG 1990 G. KLS    
Lebak, 06-12-1971                
ADE HERMAWAN   L TK   S1 2006 G.MP    
Lebak, 01-09-1980                
SUSI WIDIAWATI   P K   DII 2007 G. KLS    
Lebak, 12-08-1977                
UDAYA RAHMAWIJAYA   L K   DI 2002 G. KLS    
Lebak, 03-03-1983                
WAWAN HERMAWAN   L K   STM 2003 G.MP    
Lebak, 04-07-1977                
NURHASANAH   P K   SMK 2001 G. KLS    
DKI, 19-03-1981                
                 

SDN 2 GIRIMUKTI

MAMAN SURYAMAN

131169456

L K SPG/1982 S1-2003 Kepsek IV/a  
Ciamis, 27-06-1963                
KHOTIB

131363277

L K PGA/1983 DII PAI ’99 G. MP III/b  
Lebak, 13-03-1963                
SUHERDI

270400366

L K SPG 1990 SPG 1990 G. KLS    
Lebak, 07-04-1969                
SLAMET HADIYANTO   L K SMEA 2001 DII 2006 G. KLS    
Lebak, 15-01-1982                
IMAS SITI SUHARTINI   P K SMA 1992 SMA 1992 G. KLS    
Bandung, 20-08-1973                
KURNIADI   L K SPMA 2002 DII 2006 G. KLS    
Lebak, 09-06-1983                
JAMHIA   L K STM 1995 DII 2006 G. KLS    
Lebak, 21-11-1974                
TITIN SUHATI   P K SMA 1998 DII 2006 G. KLS    
Lebak, 05-06-1979                
SUPRIYATNA   L K SMA 1983 SMA 1983 G. MP    
Lebak, 21-02-1963                
                 

SDN 5 PASIRBUNGUR

MUJINEM

130556580

P K D2 2000 Kepsek      
Sleman. 06 Mei 1959                
HAERUDIN 131 022 672 L K SPG 1982 DII 2000 Gr. Kls IV/A  
Sukabumi, 05-05-1960                
EUIS TITIN NURJANAH 131 312 931 P K SPG 83 DII 2001 Gr. Kls IV/A  
Bogor, 04-11-1963                
EROS 900 008 563 P K SGO 87 SGO 87 Gr. Penjas II/A  
Lebak,                
HODIAH   P K MAN 89 MAN 90 Gr. Kelas    
Lebak, 14-12-1971                
SUKMARIAH   P K SMEA 86 SMEA 87 Gr. Kelas    
Lebak, 12-02-1965                
EMUL MULYATI   P K D III 99 D III 100 Gr. Kelas    
Lebak, 30-06-1977                
SAHRA HULAEMA   P K SMEA 02 SMEA 03 Gr. Bid    
                 
ANI MUSLIMAH   P K S.PdI S.PdI Gr. Bid    
                 
                 

SDN 3 PASIRBUNGUR

AGUS MAHPUDIN, A.MPd 131 308 965 L K SPGN 83 D II 97 Gr. Kls IV/A  
Lebak, 11-05-1964                
ABDUL HALIM 131 079 726 L K PGA 81 D II G. Agama IV/A  
Sukabumi, 14-08-1959                
A. HIDAYAT 131 364 317 L K PGA 79 D II G. Agama III/D  
Sukabumi, 28-05-1956                
MASITOH 270 400 391 P K SPG 87 DII G. Kelas II/A  
Lebak, 01-03-1969                
LS. SULISTIAWATI S.E   P K S1 S1 G. Kelas    
KL. Progo, 12-07-1979                
AI ROHIMAH   P K MAN 1995 MAN 1995 G. Kelas    
Lebak, 01-12-1976                
Atik Kusmayanti   P K SMA 2003 SMA 2003 G. Kelas    
Lebak, 12-101984                
                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB. II 

IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN DAN KEBIJAKAN DALAM BIDANG KEPENDIDIKAN

 

A. DESKRIPSI HASIL PENGAWASAN TAHUN SEBELUMNYA

 

1. Supervisi Akademik

ASPEK SUPERVISI AKADEMIS

 

HASIL

 

KURANG

CUKUP

BAIK

Pelaksanaan pembelajaran / bimbingan dan hasil belajar siswa

Keterlaksanaan kurikulum tiap mata pelajaran

Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran / bimbingan

Guru dalam menyusun silabus dan RPP

Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas / laboratorium / lapangan

Guru dalam membuat mengelola dan menggunakan media pendidikan dan pembelajaran

Guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan

Guru dalam mengolah dan menganalisis data hasil penilaian

Guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas

 

2. Supervisi Manajerial

SUPERVISI MANAJERIAL

HASIL

KURANG

CUKUP

BAIK

Kepala sekolah dapat merumuskan misi dan tujuan sekolah secara jelas.

Kepala sekolah dapat menentukan sasaran sekolah secara realistis, dengan menggunakan kriteria yang dapat diukur.

Kepala  sekolah dapat menentukan langkahlangkah strategis untuk mencapai misi dan tujuan sekolah.

Kepala  sekolah dapat memilih metode dan alat yang sebaiknya digunakan untuk mencapai misi, tujuan dan sasaran sekolah.

Kepala sekolah dapat melakukan negosiasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan dengan pendidikan di sekolah ini.

Kepala  sekolah dapat menganalisis faktor – faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi sekolah.

Kepala  sekolah dapat memperkirakan kebutuhan-kebutuhan sekolah pada masa yang akan datang secara tepat.

Kepala  sekolah dapat membuat struktur organisasi sekolah yang efektif dan efisien.

Kepala  sekolah memberikan tugas mengajar kepada guru sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimilikinya.

Kepala  sekolah dapat menyusun rincian tugas setiap personil sekolah secara jelas

Kepala  sekolah dapat mengangkat para pembantu kepala sekolah atau wakil kepala sekolah sesuai dengan kepatutan dan kelayakan yang dimilikinya.

Kepala  sekolah dapat membangun team work yang kompak dan berdedikasi tinggi.

Kepala  sekolah dapat memberikan bimbingan dan arahan secara baik kepada seluruh personil sekolah

Kepala  sekolah dapat memberikan penghargaan yang layak kepada personil sekolah yang berprestasi.

Kepala  sekolah dapat memberikan sanksi atau hukuman yang tegas kepada personil sekolah yang melanggar aturan.

Kepala  sekolah memiliki keberanian untuk melakukan perubahan – perubahan dalam organisasi menuju ke arah yang lebih baik

Kepala sekolah dapat menyampaikan tentang berbagai inovasi dan kebijakan baru dalam pendidikan kepada seluruh warga sekolah, misalnya tentang life skill, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, dan sebagainya.

Kepala  sekolah memiliki gagasan – gagasan inovatif untuk kemajuan sekolah.

Kepala  sekolah dapat menyampaikan informasi tentang berbagai kemajuan dan prestasi sekolah kepada masyarakat luas.

Kepala  sekolah dapat merumuskan kriteriakriteria keberhasilan program sekolah.

Kepala  sekolah dapat menentukan metode dan langkah-langkah untuk mengukur keberhasilan program sekolah.

Kepala  sekolah dapat merumuskan indikator – indikator untuk mengukur keberhasilan program sekolah.

Kepala  sekolah dapat menganalisis dan menindaklanjuti hasil-hasil evaluasi.

Kepala  sekolah dapat mengatur jadwal/kalender kegiatan pendidikan di sekolah ini secara baik.

Kepala  sekolah dapat mengembangkan program penjurusan siswa yang disesuaikan dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki siswa.

Kepala  sekolah dapat mengembangkan program-program ekstra kurikuler yang berwawasan keunggulan.

Kepala  sekolah dapat mengembangkan program pembelajaran yang berpusat pada siswa .

Kepala  sekolah dapat mengembangkan program pengajaran perbaikan (remedial teaching) bagi para siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar.

Kepala  sekolah dapat menyediakan berbagai Alat Tulis Kantor (ATK) yang diperlukan untuk menunjang kelancaran administrasi dan kegiatan belajar mengajar.

Kepala  sekolah dapat melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan sarana sekolah dengan baik.

Kepala  sekolah dapat menyelenggarakan proyek-proyek pembangunan di sekolah dengan baik, seperti menambah Ruang Kelas Baru (RKB) atau sarana belajar lainnya.

Kepala  sekolah dapat mengatur penyimpanan peralatan dan barang-barang sekolah secara baik, sehingga tidak mudah rusak atau hilang.

Kepala  sekolah dapat menggali sumbersumber dana yang diperlukan untuk membiayai kegiatan rutin maupun pembangunan sekolah.

Kepala  sekolah dapat menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS), dengan melibatkan seluruh personil sekolah.

Kepala  sekolah dapat mengendalikan setiap pemasukan dan pengeluaran keuangan sekolah, sehingga tidak terjadi defisit atau kebocoran anggaran.

Kepala  sekolah dapat melaksanakan pendataan siswa secara lengkap dan menyeluruh.

Kepala  sekolah dapat memberdayakan peran OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan kesiswaan.

Kepala  sekolah dapat merencanakan kebutuhan personil sekolah dengan baik, sehingga tidak terjadi kelebihan atau kekurangan personil.

Kepala  sekolah dapat mengembangkan kemampuan profesional personil sekolah, misalnya dengan mengirimkan guru-guru untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar.

Kepala  sekolah dapat melaksanakan penilaian kinerja personil sekolah secara baik, sehingga mendorong setiap personil untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya.

           

B. MASALAH DALAM PENGAWASAN           

Berbagai masalah muncul dilapangan ketika melakukan supervisi ,baik akademik maupun manajerial diantaranya :

a)      Dalam segi administrasi baik manajerial maupun akademis guru dan kepala sekolah belum sampai menganalisis semua program , yang berdampak pada kemampuan perencanaan kembali belum mengacu pada hasil tahun yang lalu.

b)      Dalam pengawasan pengawas terbentur dengan masalah keuangan sekolah ,karena tidak dilibatkan dalam penandatanganan SPJ ataupun RAPBS Sekolah ,akibatnya hasil pengawasan yang berhubungan dengan penyediaan sarana dan prasarana tidak punya kewenangan .

 

C. KEBIJAKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN

           

Untuk peningkatan kualitas sekolah dan Guru maka   :

  1. Kegiatan gugus agar lebih efektif dan efisien dilaksanakan menurut skala prioritas yang sangat dibutuhkan hari ini.
  2. Perlu diadakan Sekolah unggulan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan tanpa mengurangi mutu sekolah bagi guru yamg ditinggalkan.

 

 

 

 

 

BAB. III 

DESKRIPSI PROGRAM PENGAWASAN

 

A. PROGRAM PENILAIAN

Pada tahun ajaran 2009 / 2010  disusun program penilaian untuk selanjutnya dibuat pula instrument penunjang demi tercapainya program tersebut. Untuk program penilaian ini lebih mengarah pada :

  1. 1.      Kegiatan

Guru

a)      Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai untuk tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

b)      Membimbing guru dalam menentukan kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

c)      Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan

d)     Menilai kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

 

Kepala Sekolah

a)      Menilai kemampuan kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan.

b)      Menilai kinerja staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

c)      Menilai kinerja sekolah dan menindaklanjuti hasilnya untuk keperluan akreditasi sekolah.

d)     Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja staf sekolah.

e)      Memantau pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pendidikan pada sekolah .

f)       Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

g)       Memberikan saran kepada kepala sekolah, guru, dan seluruh staf sekolah dalam meningkatkan kinerjanya berdasarkan hasil penilaian.

 

  1. 2.      Tujuan

Diharapkan dengan kegiatan ini Guru  dapat :

  1. Guru dapat menentukan aspek-aspek yang penting dinilai untuk tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .
  2. menentukan kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran tiap bidang pengembangan.
  3. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan
  4. melaksanakan pembelajaran pada tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

 

Diharapkan dengan kegiatan ini kepala Sekolah   dapat :

  1. Menilai kemampuan kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan.
  2. Menilai kinerja staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.
  3. Menilai kinerja sekolah dan menindaklanjuti hasilnya untuk keperluan akreditasi sekolah.
  4. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja staf sekolah.
  5. Memantau pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pendidikan pada sekolah .
  6. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan.
  7.  Memberikan saran kepada kepala sekolah, guru, dan seluruh staf sekolah dalam meningkatkan kinerjanya berdasarkan hasil penilaian.

 

  1. 3.      Sasaran

Yang menjadin sasaran penilaian adalah 9 sekolah binaan beserta seluruh Kepala Sekolah dan guru

  1. 4.      indikator keberhasilan/target

Guru

a)      Dapat menentukan aspek-aspek yang penting dinilai untuk tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

b)      Dapat menentukan kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

c)      Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan

d)     Dapat melaksanakan pembelajaran pada tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

 

Kepala Sekolah dapat :

a)      mengelola satuan pendidikan.

b)      Menilai kinerja staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

c)      Menilai  dan menindaklanjuti hasilnya untuk keperluan akreditasi sekolah.

d)     Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja staf sekolah.

e)      Melaksanaan kurikulum, pembelajaran, bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pendidikan pada sekolah .

f)       Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

g)       Meningkatkan kinerjanya berdasarkan hasil penilaian.

  1. 5.      metode kerja/teknik supervisi

-          Supervisi Kelas

-          Observasi kelas

-          Supervisi akademis

-          Supervisi manajerial

-          Pembelajaran orang Dewasa

-          Mengefektipkan gugus sekolah / KKG / KKKS

  1. 6.      jadwal pelaksanaan

JENIS KEGIATAN

PELAKSANAAN

BULAN KE

7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6
Guru                        
a)      Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai untuk tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

b)      Membimbing guru dalam menentukan kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

c)      Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan

 

d)     Menilai kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada tiap bidang pengembangan/mata pelajaran .

e)      Menilai kemampuan kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan.

f)       Menilai kinerja staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

g)      Menilai kinerja sekolah dan menindaklanjuti hasilnya untuk keperluan akreditasi sekolah.

h)      Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja staf sekolah.

 

i)        Memantau pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pendidikan pada sekolah .

 

j)        Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

 

k)      Memberikan saran kepada kepala sekolah, guru, dan seluruh staf sekolah dalam meningkatkan kinerjanya berdasarkan hasil penilaian.

Kepala Sekolah                        
a)      Menilai kemampuan kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan.

b)      Menilai kinerja staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya

c)      Menilai kinerja sekolah dan menindaklanjuti hasilnya untuk keperluan akreditasi sekolah.

d)     Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja staf sekolah

 

e)      Memantau pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pendidikan pada sekolah .

 

f)       Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan.

g)      Memberikan saran kepada kepala sekolah, guru, dan seluruh staf sekolah dalam meningkatkan kinerjanya berdasarkan hasil penilaian.

 

B. PROGRAM PEMBINAAN       

Pada tahun ajaran 2009 / 2010  disusun program Pembinaan  untuk selanjutnya dibuat pula instrument penunjang demi tercapainya program tersebut. Untuk program pembinaan  lebih mengarah pada :

 

1. Supervisi Akademik

1.1.  Kegiatan

Memantau :
Pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa
Keterlasanaan kurikulum tiap mata pelajaran

Menilai :

Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran / bimbingan

Membina :
Guru dalam menyusun RPP
Guru dalam melaksanakan prosesd pembelajaran di kelas/ laboratorium/ lapangan
Guru dalam membuat, mengelola dan menggunakan media pendidikan dan pembelajaran
Guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan
Guru dalam mengolah dan menganalisis data hasil penilaian
Guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas

Melaporkan Tindak Lanjut :
Hasil pengawasan akademik pada sekolah-sekolah yang menjadi binaan
Menindaklanjuti hasil-hasil pengawasan akademik untuk meningkatkan kemampuan professional

 

Guru yang ada di wilayah Bina II yang terdiri dari 9 Sekolah dasar binaan di supervisi akademis dengan tujuan agar semua guru dapat :

  1. Memahami konsep, prinsip, teori dasar, -, dan kecenderungan perkembangan bidang ilmu yang menjadi isi tiap bidang pengembangan/mata pelajaran Sekolah Dasar
  2. Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, -, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD
  3. Membimbing guru dalam menentukan tujuan pendidikan yang sesuai, berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD
  4. Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan/ mata pelajaran SD berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip pengembangan KTSP
  5. Menggunakan berbagai pendekatan/metode/ teknik dalam memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD.
  6. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan startegi/metode/teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi peserta didik melalui bidang pengembangan/mata pelajaran SD
  7. Membimbing guru dalam menyusun rencana pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan mata pelajaran SD
  8. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan media pendidikan yang sesuai untuk menyajikan isi tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD.
  9. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD
  10. Membimbing guru dalam melaksanakan strategi/metode/teknik pembelajaran yang telah direncanakan untuk tiap bidang pengembangan/ mata pelajaran SD
  11. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi peserta didik pada tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD
  12. Membimbing guru dalam merefleksi hasil-hasil yang dicapai, kekuatan, kelemahan, dan hambatan yang dialami dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  13. Membantu guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan fasilitas pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran SD.

 

2. SUPERVISI MANAJERIAL

Pada tahun ajaran 2009 / 2010  disusun program manajerial untuk selanjutnya dibuat pula instrument penunjang demi tercapainya program tersebut. Untuk program supervisi manajerial  ini lebih mengarah pada kemampuan kepala Sekolah tentang :
1. Kegiatan

a)             Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

b)             Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program sekolah-sekolah binaannya.

c)             Menyusun metode kerja dan berbagai instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan.

d)            Membina kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS).

e)             Membina kepala sekolah dalam melaksanakan administrasi satuan pendidikan meliputi administrasi kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, keuangan,lingkungan sekolah dan peran serta masyarakat.

f)              Membantu kepala sekolah dalam menyusun indikator keberhasilan mutu pendidikan di sekolah.

g)             Membina staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya.

h)             Memotivasi pengembangan karir kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

i)               Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan pada sekolah-sekolah binaannnya dan menindak lanjutinya untuk perbaikan mutu pendidikan dan program pengawasan berikutnya.

j)               Mendorong guru dan kepala sekolah untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

k)             Menjelaskan berbagai inovasi dan kebijakan pendidikan kepada guru dan kepala sekolah.

l)               Memantau pelaksanaan inovasi dan kebijakan pendidikan pada sekolah-sekolah binaannya.

 

Yang ingin dicapai dalam manajerial ini adalah :

-1: Perencanaan dan Pengembangan Sekolah

  • Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
  • Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
  • Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
  • Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama

- 2: Iklim dan Budaya Sekolah

  • Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
  • Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
  • Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain

- 3: Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi

  • Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
  • Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
  • Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
  • Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.

- 4: Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa

  • Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
  • Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
  • Pemberian balikan yang segera kepada siswa

- 5: Kepemimpinan Kepala Sekolah

  • Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
  • Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
  • Pendekatan kepemimpinan partisipatif

- 6: Pengembangan Guru dan Staf

  • Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
  • Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
  • Perlu adanya program pengembangan guru dan staf

- 7: Penguatan Kapasitas Siswa

  • Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
  • Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
  • Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar

- 8: Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat

  • Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
  • Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka

- 9: Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa

  • Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
  • Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri

- 10: Penghargaan dan Insentif

  • Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
  • Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).

- 11: Tata tertib dan Kedisiplinan

  • Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
  • Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.
  1. 2.        Tujuan

Dengan Kegiatan ini Guru dan Kepala Sekolah dapat :

  • Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
  • Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program sekolah-sekolah binaannya.
  • Menyusun metode kerja dan berbagai instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan.
  • Membina kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS).
  • Membina kepala sekolah dalam melaksanakan administrasi satuan pendidikan meliputi administrasi kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, keuangan,lingkungan sekolah dan peran serta masyarakat.
  • Membantu kepala sekolah dalam menyusun indikator keberhasilan mutu pendidikan di sekolah.
  • Membina staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya.
  • Memotivasi pengembangan karir kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  • Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan pada sekolah-sekolah binaannnya dan menindak lanjutinya untuk perbaikan mutu pendidikan dan program pengawasan berikutnya.
  • Mendorong guru dan kepala sekolah untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya.
  • Menjelaskan berbagai inovasi dan kebijakan pendidikan kepada guru dan kepala sekolah.
  • Memantau pelaksanaan inovasi dan kebijakan pendidikan pada sekolah-sekolah binaannya.

 

  1. 3.      Sasaran

Yang menjadin sasaran penilaian adalah 9 sekolah binaan beserta seluruh Kepala Sekolah dan guru

 

  1. 4.      indikator keberhasilan/target

 

  • Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
  • Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program sekolah-sekolah binaannya.
  • Menyusun metode kerja dan berbagai instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan.
  • Membina kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS).
  • Membina kepala sekolah dalam melaksanakan administrasi satuan pendidikan meliputi administrasi kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, keuangan,lingkungan sekolah dan peran serta masyarakat.
  • Membantu kepala sekolah dalam menyusun indikator keberhasilan mutu pendidikan di sekolah.
  • Membina staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya.
  • Memotivasi pengembangan karir kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  • Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan pada sekolah-sekolah binaannnya dan menindak lanjutinya untuk perbaikan mutu pendidikan dan program pengawasan berikutnya.
  • Mendorong guru dan kepala sekolah untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya.
  • Menjelaskan berbagai inovasi dan kebijakan pendidikan kepada guru dan kepala sekolah.
  • Memantau pelaksanaan inovasi dan kebijakan pendidikan pada sekolah-sekolah binaannya.

 

  1. 5.      metode kerja/teknik supervisi

-          Supervisi Kelas

-          Observasi kelas

-          Supervisi akademis

-          Supervisi manajerial

-          Pembelajaran orang Dewasa

-          Mengefektipkan gugus sekolah / KKG / KKKS

 

 

 

 

  1. 6.      Jadwal pelaksanaan

NO

ASPEK

PELAKSANAAN KEGIATAN

BULAN KE

7

8

9

10

11

12

1

2

3

4

5

6

SUPERVISI AKADEMIK
 
  1. Memahami konsep, prinsip, teori dasar,dan kecenderungan perkembangan bidang ilmu yang menjadi isi tiap bidang pengembangan/mata pelajaran Sekolah Dasar

 
  1. Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, -, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD

 
  1. Membimbing guru dalam menentukan tujuan pendidikan yang sesuai, berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD

 
  1. Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan/ mata pelajaran SD berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip pengembangan KTSP

 

 
  1. Menggunakan berbagai pendekatan/metode/ teknik dalam memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD.

 

 
  1. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan startegi/metode/teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi peserta didik melalui bidang pengembangan/mata pelajaran SD

 

 
  1. Membimbing guru dalam menyusun rencana pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan mata pelajaran SD

 
  1. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan media pendidikan yang sesuai untuk menyajikan isi tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD.

 
  1. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD

   

  1. Membimbing guru dalam melaksanakan strategi/metode/teknik pembelajaran yang telah direncanakan untuk tiap bidang pengembangan/ mata pelajaran SD

 

 
  1. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi peserta didik pada tiap bidang pengembangan/mata pelajaran SD

 

 
  1. Membimbing guru dalam merefleksi hasil-hasil yang dicapai, kekuatan, kelemahan, dan hambatan yang dialami dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan.

 

 
  1. Membantu guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan fasilitas pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran SD.

 

SUPERVISI MANAJERIAL
  a)             Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

  b)             Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program sekolah-sekolah binaannya.

  c)             Menyusun metode kerja dan berbagai instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan.

  d)            Membina kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS).

  e)             Membina kepala sekolah dalam melaksanakan administrasi satuan pendidikan meliputi administrasi kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, keuangan,lingkungan sekolah dan peran serta masyarakat

  f)              Membantu kepala sekolah dalam menyusun indikator keberhasilan mutu pendidikan di sekolah.

 

  g)             Membina staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya.

 

  h)             Memotivasi pengembangan karir kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

 

   

i)               Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan pada sekolah-sekolah binaannnya dan menindak lanjutinya untuk perbaikan mutu pendidikan dan program pengawasan berikutnya.

 

  j)               Mendorong guru dan kepala sekolah untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya.

 

  k)             Menjelaskan berbagai inovasi dan kebijakan pendidikan kepada guru dan kepala sekolah.

  l)               Memantau pelaksanaan inovasi dan kebijakan pendidikan pada sekolah-sekolah binaannya.

 

 

 

 

C. Program Pemantauan

1. Kegiatan    

Untuk efektif dan efisiennya hasil supervisi baik manajerial yang dilakukan terhadap kepala sekolah dan Supervisi Akademik yang dilakukan pada Guru maka khususnya di wilayah Bina II dilaksanakan pemantauan yang didalamnya adalah pengendalian mutu dengan butir butir komponen sub komponen sebagai berikut ;

Komponen

Sub Komponen

Butir Pengendalian mutu

A.

Perencanaan pembelajaran dan Bimbingan Siswa

1.

Penjabaran kurikulum

1.1

Pembuatan Pedoman Program tahunan

1.2

Pembuatan Pedoman Penyusunan Program Semester

1.3

Pembuatan Pedoman penyusunan persiapan mengajar { silabus }

1.4

Pembuatan pedoman Pelaksanaan PBM { isi, media, metode}

1.5

Pembuatan pedoman Pelaksanaan Evaluasi

2.

Pelaksanaan Rencana Pembelajaran

2.1

Penyusunan Program tahunan

2.2

Penyusunan Program semester

2.3

Penyusunan persiapan Mengajar { silabus }

2.4

pemilihan isi dan pembuatan media

2.5

Pembuatan alat evaluasi
3. Pemilihan Bahan Ajar

3.1

Menentukan buku sumber wajib dan pilihan

4.

Pembuatan Rencana Evaluasi

4.1

Pembuatan Rencana evaluasi belajar harian/mingguan

4.2

Pembuatan Rencana Evaluasi Belajar  Semester

4.3

Pembuatan Rencana Evaluasi Belajar Tahap akhir

5.

Pembuatan Rencana Pembinaan Siswa

5.1

Pembuatan Rencana Kegiatan Olah raga

5.2

Pembuatan Rencana Kegiatan Pramuka OSIS PMR

5.3

Pembuatan Rencana Kegiatan Seni Apresiasi

5.4

Pembuatan Rencana Kegiatan Keagamaan dan Kemasyarakatan

6.

Pembuatan Rencana Kegiatan Bimbingan & Konseling

6.1

Rencana pengumpulan data  /Record siswa

6.2

Rencana Bimbingan pendidikan pengajaran

6.3

Rencana bimbingan sosial – pribadi

B.

Pelaksanaan Pengajaran dan Bimbingan

1. Pelaksanaan Pembelajaran

1.1

Pelaksanaan pembelajaran dikelas
1.2 Pelaksanaan pembelajaran di luar kelas [praktek dikebun dsb,.]
2. Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar 2.1 Pelaksanaan evaluasi harian/mingguan
2.2 Pelaksanaan hasil belajar semester
2.3 Pelaksanaan hasil belajar tahap akhir
3. Pelaksanaan Pembinaan Siswa 3.1 Pelaksanaan kegiatan oleh raga
3.2 Pelaksanaan kegiatan kesenian
3.3 Pelaksanaan kegiatan pramuka,PMR,OSIS
3.4 Pelaksanaan kegiatan keagamaan
4. Pelaksanaan Layanan Bimbingan 4.1 Pelaksanaan pengumpulan data [penyusunan record siswa]
4.2 Pelaksanaan bimbingan pendidikan pengajaran
4.3 Pelaksanaan bimbingan sosial pribadi

C.

Pengendalian pengajaran dan Bimbingan Siswa

1. Evaluasi dan penyempurnaan kurikulum 1.1 Evaluasi dan Kajian KTSP Dokumen I
1.2 Evaluasi dan Kajian KTSP Dokumen II
1.3 Penyesuaian Kompetensi dasar, Indikator,Isi { bahan ajar }
2. Evaluasi pembelajaran 2.1 Evaluasi program tahunan/semester
2.2 Evaluasi program harian
2.3 Evaluasi program bimbingan siswa
2.4 Evaluasi mengajar
2.5 Evaluasi analisis materi
2.6 Evaluasi analisis evaluasi
2.7 Evaluasi media dan lembaran kerja
3. Evaluasi Program Evaluasi 3.1 Evaluasi evaluasi harian
3.2 Evaluasi evaluasi belajar semester
3.3 Evaluasi evaluasi tahap akhir
4. Evaluasi Pembinaan Siswa 4.1 Evaluasi kegiatan olah raga / kesenian
4.2 Evaluasi kegiatan pramuka
4.3 Evaluasi kegiatan keagamaan
4.4 Evaluasi kegiatan sosial PMR
5. Evaluasi Bambingan Konseling 5.1 Evaluasi pengumpulan data
5.2 Evaluasi program bimbingan pendidikan pengajaran
5.3 Evaluasi bimbingan sosial pribadi

 

  1. 7.      Tujuan

Agar Guru dan Kepala Sekolah dapat :

  1. Pembuatan Pedoman Program tahunan
  2. Pembuatan Pedoman Penyusunan Program Semester
  3. Pembuatan Pedoman penyusunan persiapan mengajar { silabus }
  4. Pembuatan pedoman Pelaksanaan PBM { isi, media, metode}
  5. Pembuatan pedoman Pelaksanaan Evaluasi
  6. Penyusunan Program tahunan
  7. Penyusunan Program semester
  8. Penyusunan persiapan Mengajar { silabus }
  9. pemilihan isi dan pembuatan media
  10. Pembuatan alat evaluasi
  11. Menentukan buku sumber wajib dan pilihan
  12. Pembuatan Rencana evaluasi belajar harian/mingguan
  13. Pembuatan Rencana Evaluasi Belajar  Semester
  14. Pembuatan Rencana Evaluasi Belajar Tahap akhir
  15. Pembuatan Rencana Kegiatan Olah raga
  16. Pembuatan Rencana Kegiatan Pramuka OSIS PMR
  17. Pembuatan Rencana Kegiatan Seni Apresiasi
  18. Pembuatan Rencana Kegiatan Keagamaan dan Kemasyarakatan
  19. Rencana pengumpulan data  /Record siswa
  20. Rencana Bimbingan pendidikan pengajaran
  21. Rencana bimbingan sosial – pribadi
  22. Pelaksanaan pembelajaran dikelas
  23. Pelaksanaan pembelajaran di luar kelas [praktek dikebun dsb,.]
  24. Pelaksanaan evaluasi harian/mingguan
  25. Pelaksanaan hasil belajar semester
  26. Pelaksanaan hasil belajar tahap akhir
  27. Pelaksanaan kegiatan oleh raga
  28. Pelaksanaan kegiatan kesenian
  29. Pelaksanaan kegiatan pramuka,PMR,OSIS
  30. Pelaksanaan kegiatan keagamaan
  31. Pelaksanaan pengumpulan data [penyusunan record siswa]
  32. Pelaksanaan bimbingan pendidikan pengajaran
  33. Pelaksanaan bimbingan sosial pribadi
  34. Evaluasi dan Kajian KTSP Dokumen I
  35. Evaluasi dan Kajian KTSP Dokumen II
  36. Penyesuaian Kompetensi dasar, Indikator,Isi { bahan ajar }
  37. Evaluasi program tahunan/semester
  38. Evaluasi program harian
  39. Evaluasi program bimbingan siswa
  40. Evaluasi mengajar
  41. Evaluasi analisis materi
  42. Evaluasi analisis evaluasi
  43. Evaluasi media dan lembaran kerja
  44. Evaluasi evaluasi harian
  45. Evaluasi evaluasi belajar semester
  46. Evaluasi evaluasi tahap akhir
  47. Evaluasi kegiatan olah raga / kesenian
  48. Evaluasi kegiatan pramuka
  49. Evaluasi kegiatan keagamaan
  50. Evaluasi kegiatan sosial PMR
  51. Evaluasi pengumpulan data
  52. Evaluasi program bimbingan pendidikan pengajaran
  53. Evaluasi bimbingan sosial pribadi
  1. 4.      Sasaran

Guru Kepala Sekolah dan 9 sekolah Binaan

 

  1. 5.      indikator keberhasilan/target

Menguasai dan menerapkan dalam praktek melalui instrument yang disediakan

 

  1. 6.      metode kerja/teknik supervisi

-          Supervisi Kelas

-          Observasi kelas

-          Supervisi akademis

-          Supervisi manajerial

-          Pembelajaran orang Dewasa

-          Mengefektipkan gugus sekolah / KKG / KKKS

  1. 7.      jadwal pelaksanaan

 

Semua dilaksanakan tiap bulan kepada 9 sekolah binaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.IV

PENUTUP

 

Alasan disusunnya program kerja  pengawas ini terutama karena masih adanya beberapa permasalahan dalam hal kepengawasan yaitu :

(1) masih adanya keragaman kemampuan pengawas sekolah dalam melaksanakan

tugas dan fungsinya;

(2) belum adanya alat ukur untuk mengetahui kemampuan pengawas sekolah, dan (3) belum adanya pembinaan pengawas sekolah yang terarah.

Permasalahan ini bertolak belakang dengan keharusan pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya harus memperhatikan :

  1. kecermatan melihat kondisi sekolah
  2. ketajaman analisis dan sintesis
  3. ketepatan memberikan treatment yang diperlukan
  4. komunikasi yang baik antara pengawas sekolah dengan setiap individu di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

untuk perbaikan mohon tinggalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s